Saturday, June 24, 2017

Hal hal yang disunahkan pada 2 Hari Raya

2

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Hay sobat muslim, mungkin udah banyak yang tau apa apa saja sunah sunah pada saat sholat Id (Sholat idul Fitri dan Sholat Idul Adha).



nah, Kenapa kali ini saya membuat artikel tentang sunah, karena sunah adalah hal hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dan insyaAllah apabila kita melakulannya kita akan mendapat bonus dari Allah yang berupa pahala tambahan.
Langsung saja dibawah ini adalah beberapa sunah nabi yang dilakukan pada 2 hari raya .

1. Disunatkan Berjamaah

2. Takbir 7 X sesudah membacad doa iftitah dan sebelum membaca ta'awudz pada rakaat pertama. Dan pada rakaat kedua 5 X takbir sebelum membaca Al Fatihah selain dari takbir berdiri.

Seperti sabda Nabi,

Dari Amr bin Syu'aib, "Sesungguhnya Nabi SAW. Takbir pada hari raya 12 takbir. 7 pada raka'at pertama dan 5 pada raka'at terakhir." 
(Riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban)

3. Mengangkat kedua tangan setinggi bahu pada tiap tiap takbir.

4. Membaca tasbih diantara beberapa takbir.

5. Membaca surat Qāf sesudah Fātihah pada raka'at pertama, dan surat Qamar pada raka'at kedua. Atau surat Al-A'lā pada raka'at pertama, dan Al Gāsyiyah pada raka'at kedua.

6. Menyaringkan (mengeraskan) bacaan, kecuali ma'mum.

7. Khutbah 2 X sesudah sholat. Keadaan Khutbahnya seperti 2 khutbah Jum'at.

8. Khutbah pertama hendaklah dimulai dengan takbir 9 X. Sebagian ulama mengatakan bahwa khutbah hari raya tidak dimulai dengan takbir seperti itu. Hanya, semua khutbah baik khutbah Id ataupun lainnya, hendaklah dimulai dengan puji pujian (Alhamdulillah).

9. Dalam khutbah hari Raya Fitri hendaklah diadakan penerangan zakat fitrah, dan pada hari raya Idul Adha diadakan penerangan tentang hukum hukum kurban.

10. Pada hari raya disunatkan mandi dan berhias memakai pakaian yang sebaik baiknya.

Seperti sabda Rasulullah,

Dari Hasan bin Ali, "Rasulullah SAW. Menyuruh kami pada hari raya supaya memakai pakaian sebaik baiknya yang afa pada kami, dan wangi wangian sebaik baiknya yang ada pada kami, dan bwrkurban dengan binatang segemuk gemuknya yang ada pada kami." 
(Riwayat Hakim dan Ibnu Hibban)

11. Disunatkan makan sebelum pergi Sholat pada Hari Raya Fitri sedangkan pada hari Raya Idul Adha disunatkan tidak makan terlebih dahulu, kecuali sesudah sholat.

Dari Anas, "Nabi SAW . Tidak pergi mengerjakan sholat pada hari raya Fitri, sebelum beliau memakan beberapa biji kurma terlebih dahulu." 
(Riwayat Ahmad dan Bukhori)

Dari Buraidah, "Nabi SAW. Tidak makan pada hari raya Idul Adha hingga beliau kembali dari sholat."
(Riwayat Tirmidzi)

12. Ketika pergi sholat hendaklah melalui satu jalan, dan kembalinya melalui jalan yang lain.

13. Pada 2 hari raya disunatkan takbir diluar sholat. Waktunya, pada hari raya Fitri mulai dari terbenamnya matahari pada malam hari raya sampai imam mulai sholat. takbir ini disunatkan disegala tempat, baik dimasjid, dimushola, dirumah, dipasar, atau lain lainnya, malam atau siang, asal pada waktu tersebut, baik orang yang tetap didalam negeri ataupun orang yang dalam perjalanan. Takbir ini oleh ahli Fiqh dinamakan Takbir Mutlaq. 

Adapun pada hari raya Idul Adha disunatkan takbir setelah selesei sholat fardhu yang 5, baik sholat Ada'an ataupun Qada. Begitu juga sesudah sholat jenazah ataupun sholat sunah yang lainnya. Mulai waktu takbir ialah dari terbenamnya matahari pada malam hari raya Idul Adha sampai sesudah sholat Ashar penghabisan hari Tasyrik (tanggal 13 Zulhijah). Ini dinamakan Takbir Muqayyad.

Seperti Firman Allah Swt,

"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan (Takbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu." 
(Q.S Al Baqarah : 185)

"Dan berdzikirlah (dengan menyebut) nama Allah dalam beberapa hari yang berbilang." 
(Q.S Al Baqarah : 203)

Kata Ibnu Abbas, yang dimaksud dengan "beberapa hari yang berbilang" itu ialah hari Tasyrik.

Itulah beberapa hal hal yang disunahkan pada 2 Hari Raya, semoga dengan kita melaksanakan hal hal yang disunahkan tersebut kita dapat menambah ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah Swt.

Sesungguhnya tidak ada manusia di dunia ini yang selalu benar dan juga tidak pernah melakukan kesalahan, maka dari itu saya mohon maaf apabila dalam penulisan artikel ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan

Sekiranya cukup dari saya, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Akhir kata dari saya,

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

2 comments:

  1. Ya Allah, besok sudah hari raya, mandi juga termasuk Sunnah ya kak, makanya ortuku selalu nyuruh mandi sebelum ke masjid,

    Salam #DuniaFaisol
    Faisol(dot)id

    ReplyDelete
  2. Hari raya yang sudah ditunggu tunggu umat muslim. Idul fitri dan idul adha. Menjalankan sunah dihari raya sangatlah dianjurkan

    ReplyDelete

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net
loading...